Fakultas Teknik Ilmu Komputer UNPRI Gelar Kuliah Umum Secara Virtual

Kamis, 17 September 2020 14:56:49 oleh Mesrawati | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Medan-Mediadelegasi: Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia (FTIK Unpri), Rabu (16/9), menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum secara Virtual dengan tema: “Magang dan Tugas Akhir: Innovative Topic & Concise Writing“, diikuti kurang lebih 380 mahasiswa dan dosen FTIK Unpri. Turut hadir Ketua Program Studi Teknik Informatika Mawaddah Harahap, M.Kom dan Sekretarisnya Yennimar, M.Kom., Ketua Program Studi Sistem Informasi Siti Aisyah, M.Kom., Ketua Program Studi Teknik Elektro Fadhilah, M.Kom., Ketua Program Studi Teknik Industri Anita Sembiring. Bertidak seagai narasumber kegiatan tersebut adalah Arjon Turnip, Ph.D., Dosen Departemen Teknik Elektro UNPAD Bandung, Chair of IEEE IS CSS/RAS Joint Chapter dan Direktur Toba Research Center.

Dalam kata sambutannya, Dekan FTIK Upri, Mardi Turnip, M.Kom., mengimbau dan mengajak seluruh mahasiswa supaya tetap aktif dan kreatif dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Dia juga megatakan, target publikasi mahasiswa ke depan adalah jurnal atau proding internasional. “Sejauh ini sudah ada beberapa mahasiswa/alumni FTIK yang sudah publish di prosiding Internasional dan akan ditingkatkan terus setiap tahunnya,” kata Mardi Turnip.

Dalam paparannya Arjon meminta agar para mahasiswa berubah sesuai dengan tuntutan covid-19. Covid telah mengubah segalanya dalam tatanan kehidupan terutama penurunan lowongan pekerjaan. Jika seorang mahasiswa tidak memiliki keahlian, maka cenderung hanya akan menambah jumlah pengangguran. Mahasiswa harus mampu membuat tugas akhir berdasarkan permasalahan nasional. Dengan demikian kelak ketika lulus, mahasiswa cenderung siap untuk memecahkan persoalan bangsa ini.

Arjon juga menjelaskan bahwa FTIK harus mampu menjadi jembatan pengembangan ilmu dan teknologi antar fakultas di UNPRI melalui Artificial Intelligent, Big Data, dan Internet of Things. Mahasiswa harus aktif meminta atau bahkan memohon kepada Dosen agar para dosen memberdayakan. Stategi memilih topik inovatif dan menulis tugas akhir juga dijelaskannya.

Beberapa topik penelitian yang sudah dan sedang diteliti oleh Arjon dengan timnya antara lain, analisa dan pemanfaatan aktivitas sinyal otak untuk berbagai aplikasi (seperti untuk menjalankan kursi roda, deteksi narkoba, deteksi efek makanan pada otak, deteksi perasaan, deteksi aroma), deteksi aktivitas jantung, deteksi pergerakan bayi, sistem suspensi mobil, sistem energi, sistem kontrol suhu air, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan lab penelitian yang dikembangkan Arjon mampu memberikan lebih dari 200 judul tugas akhir kepada mahasiswa FTIK UNPRI.

Judul Tugas Akhir kita akan selalu ada dalam curriculum vitae (CV) dan tidak bisa diganti atau dihapus. Jika kita memiliki Judul Tugas Akhir yang buruk atau tidak inovatif, maka selamanya CV kita akan menjadi cacat. Arjon mencontohkan bahwa hanya membaca judul tugas akhir, kualitas seseorang akan tercermin. Jika membuat Tugas Akhir yang inovatif saja tidak mampu, bagaimana mungkin bisa menyelesaikan persoalan bangsa ini?


Berita Seputar Teknik ilmu Komputer:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: