131 Mahasiswa UNPRI sukses Melaksanakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

Keberhasilan UNPRI sebagai PT Pengirim

Senin, 19 Desember 2022 09:30:15 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya







Sebanyak 131 orang mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia telah mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 dan menyelesaikan proses pembelajaran selama 1 (satu) semester dengan 20 SKS melalui perkuliahan di luar universitas asal. Mahasiswa UNPRI melaksanakan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang berada di kluster pulau berbeda dari perguruan tinggi pengirim dan domisili asalnya, baik di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta.

Beberapa universitas tujuan mahasiswa Outbound UNPRI antara lain: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), Universitas PGRI Semarang, Universitas Hamzanwadi Lombok, Universitas Nusa Cendana Kupang dan Universitas Katolik De La Salle, Manado.

Secara keseluruhan, UNPRI mengirim mahasiswa ke 40 Perguruan Tinggi yang tersebar dalam 12 Provinsi di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok (NTB) dan Kupang (NTT).

Program PMM 2 mengusung tagline “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 sebagai program flagship dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memiliki kekhasan dalam menciptakan ruang jumpa baru yang dinamis antara mahasiswa, dosen, perguruan tinggi, dan keberagaman budaya wilayah setempat, melalui kegiatan akademik dan non-akademik. Di bidang akademik, PMM 2 memberi kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi yang berbeda lokasi dengan tempat tinggalnya dan domisili kampus asalnya.

Sedangkan di bidang non-akademik, PMM 2 memiliki kegiatan Modul Nusantara sebanyak 4 (empat) SKS sebagai penciri khusus. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang perjumpaan antar mahasiswa, menambah pemahaman, dan pengendapan makna toleransi.

Adanya Modul Nusantara menjadi keistimewaan dari program PMM karena mahasiswa akan diperkenalkan mengenai kewilayahan dan keunikan daerah. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan mempelajari budaya, kepemimpinan, serta sektor ekonomi yang unggul dari daerah tempat perguruan tinggi itu berada.




Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: