Persiapkan Akreditasi Internasional : FE UNPRI Gelar Workshop

Pelatihan Kurikulum Berbasis OBE dan Penyusunan RPS

Selasa, 14 Maret 2023 14:34:53 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) tahun 2014 menyatakan bahwa setiap program studi wajib dilengkapi dengan target capaian pembelajaran sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan program terhadap para pemangku kepentingan. Menurut SN DIKTI, Standar kompetensi lulusan yang merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan harus dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Rumusan capaian pembelajaran lulusan wajib mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI.

Untuk mempersiapkan pembelajaran yang berdasarkan pada Kurikulum Outcome Based Education (OBE) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis project-based learning, Fakultas Ekonomi (FE) UNPRI menyelenggarakan Pelatihan Kurikulum Outcame Based Education (OBE) dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Pada Tanggal 10-11 Maret 2023 di Hall Gedung Sampul Universitas Prima Indonesia. Acara yang berlangsung selama dua hari ini mengundang Noven Suprayogi, SE.,M.Si, Ak, Tim Inovasi Pembelajaran Universitas Airlangga, Tim Telaah Kurikulum Universitas Airlangga, Ketua Lembaga Pengembangan Ekonomi Islam (LPEI) Unair dan Tim Auditor Internal Audit Mutu Akademik Universitas Airlangga.

Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Dekan FE UNPRI Medan, Cut Fitri Rostina SE MM, didampingi Wakil Dekan III Fenny Krisna Marpaung, SE MSi dan sejumlah pejabat struktural lainnya di FE UNPRI.Acara workshop ini dihadiri seluruh dosen tetap di Fakultas Ekonomi UNPRI.

Pelatihan ini merupakan hal yang penting untuk pembelajaran untuk menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di Perguruan Tinggi dengan dunia kerja. Oleh karena itu dalam penyusunan kurikulum, mata kuliah dan RPS yang mengacu kepada standar OBE haruslah lebih dahulu memetakan profil lulusan/Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan menyesuaikan SDM, karena profil lulusan mengarah kepada konsentrasi dan ketersediaan profil lulusan juga tidak boleh tumpang tindih dengan prodi lain. Pembahasan menyoal capaian pembelajaran fakultas Ekonomi dan implementasinya baik melalui RPS dan proses belajar mengajar melalui integrasi antara perkembangan teknologi, pemahaman keilmuan dan penelitian dalam pembelajaran.

Mengingat prinsip siklus kurikulum dengan pendekatan OBE ini beragam, menyesuaikan kepada model pendekatan atau paradigma OBE yang digunakan dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, di antaranya yang paling sederhana terdiri dari tiga tahapan yang saling berinteraksi, yakni :

Outcome Based Curriculum (OBC), pengembangan kurikulum yang didasarkan pada profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL),

Outcome Based Learning and Teaching (OBLT), pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang didefinisikan sebagai interaksi dalam kegiatan belajar antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar, dan

Outcome Based Assessment and Evaluation (OBAE), pendekatan penilaian dan evaluasi yang dilakukan pada pencapaian CPL dalam rangka untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan.

Dapat disimpulkan paradigma atau pendekatan OBE sebagai berikut, pertama, OBE sangat sesuai dengan SN-Dikti yang telah dipetakan sebelumnya. Kedua, Kedua, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum berfokus pada pencapaian CPL, dalam implementasinya untuk keperluan akreditasi nasional maupun internasional pelaksanaan OBE sangat diperlukan dukungan dokumen atau data-data yang sahih sebagai bukti.

Dekan FE UNPRI Medan, Cut Fitri Rostina SE MM menyampaikan terimakasih atas kesediaan Noven Suprayogi, SE, M.Si, Ak memberikan pelatihan Kurikulum OBE dimaksud. “Kami berharap lewat pelatihan ini dosen FE UNPRI mampu menyusun RPS dan memberikan pengalaman menarik kepada mahasiswa.

Besar harapan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memahami dan terampil untuk menyusun kurikulum berbasis OBE, tidak hanya di Fakultas Ekonomi saja tetapi juga di Fakultas-Fakultas lain di lingkungan Universitas Prima Indonesia.

Dokumentasi acara dapat juga diakses via instagram UNPRI

InstagramUNPRI


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: