PTS Terbesar di LLDIKTI 1

Universitas Prima Indonesia Raih Akreditasi Institusi Unggul

Rabu, 08 Mei 2024 08:49:22 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya





Universitas Prima Indonesia (UNPRI) meraih prestasi membanggakan dengan mendapatkan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan akreditasi unggul ini terjadi setelah UNPRI menjalani asesmen lapangan pada Sabtu, 4 Mei 2024. Keputusan ini diumumkan melalui surat keputusan No. 510/SK/BAN-PT/Ak/PT/V/2024, yang diterbitkan pada tanggal 7 Mei 2024.

Pencapaian ini menegaskan posisi UNPRI sebagai perguruan tinggi dengan predikat unggul, mencapai strata tertinggi dalam penilaian akreditasi. Akreditasi unggul ini merupakan pengakuan terhadap standar tinggi yang dipegang teguh oleh UNPRI dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, serta komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Pentingnya akreditasi unggul ini terletak pada peranannya dalam meningkatkan tata kelola universitas ke depannya dan wujud apresiasi terhadap kualitas pembelajaran dan tata kelola institusi yang sangat unggul.

Selain menjadi penanda kualitas internal universitas, akreditasi unggul juga penting dalam memperkuat citra UNPRI di mata masyarakat. Akreditasi ini juga berfungsi sebagai alat evaluasi pencapaian universitas secara keseluruhan.Salah satunya adalah kemudahan bagi lulusan dalam mencari pekerjaan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah. Dengan status akreditasi ini, lulusan UNPRI akan lebih diminati oleh perusahaan-perusahaan dan berpeluang lebih besar untuk melanjutkan ke tahap wawancara dalam proses penerimaan kerja.

Prof. Syaiful Anwar Matondang, Ph.D., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1, mengakui bahwa UNPRI berhasil melakukan transformasi pendidikan dengan sukses. Ini terjadi berkat dukungan penuh dari pendiri dan rektor, yang memungkinkan penerapan transformasi pendidikan digital di UNPRI. Menurut Prof. Matondang, relevansi pendidikan tinggi sangat penting dalam menghadapi tantangan zaman, mempersiapkan generasi penerus bangsa untuk menjadi bagian dari masyarakat masa depan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan.

UNPRI, saat ini, merupakan satu-satunya kampus swasta di Sumatera yang menyelenggarakan program studi dari tingkat diploma, profesi, sarjana, magister hingga doktor, bahkan termasuk spesialis dokter dengan total 44 program studi di kampus Medan. Prestasi UNPRI juga tercermin dalam pembukaan kampus Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Pekanbaru dengan 4 program studi, serta rencana penambahan program studi sarjana, magister, dan spesialis di masa mendatang.

Pencapaian ini adalah tonggak penting dalam perjalanan UNPRI untuk terus berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu, langkah ini juga menjadi persiapan untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki daya saing tinggi di panggung global. UNPRI berkomitmen untuk mencapai target selanjutnya, yaitu mendapatkan Akreditasi Internasional.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: